Breaking News
recent

Artikel "CONTOH SURAT LAMARAN KERJA UNTUK KANTOR NEGERI DAN SWASTA"



CONTOH SURAT LAMARAN KERJA UNTUK KANTOR NEGERI DAN SWASTA

Bagi kawan-kawan yang sudah tamat sekolah atau kuliah, saya berharap kawan tidak kehilangan peluang untuk dapat bekerja di kantor dengan posisi yang telah lama diimpikan.
Jangan sampai kawan-kawan kehilangan peluang bekerja hanya dikarenakan tidak pandai membuat surat lamaran pekerjaan.
Sebetulnya, bentuk, bahasa, dan syarat-syarat yang dibutuhkan dalam surat lamaran pekerjaan tidak ada yang baku. Kantor-kantor yang membuka lowongan pekerjaan beberapa diantaranya telah membuat bentuk, syarat-syarat dan hal-hal lain yang mereka persyaratkan.
Namun, banyak juga kantor yang hanya membuka lowongan kerja tapi tidak membuatkan contoh surat yang diinginkan. Nah, untuk itu, ada baiknya kawan-kawan mempertimbangkan membuat surat lamaran pekerjaan seperti kedua contoh yang saya terakan di bawah ini.

Hal-hal lain yang perli diperhatikan:
Biasanya kantor-kantor yang membuka lamaran pekerjaan itu, saat ini sudah membolehkan surat lamaran kerja yang diketik dengan komputer. Bahkan, ada yang hanya menerima surat lamaran kerja melalui surat elektronik (email) saja. Mereka tidak menerima dalam bentuk hard copy.
Namun, masih banyak kantor yang meminta surat lamaran kerja ditulis dengan tangan. Untuk itu, kawan-kawan harus memperhatikan:
1. Tulislah diatas kertas HVS Putih (Boleh ukuran kuarto atau folio)
2. Supaya rapi alaslah kertas HVS tersebut dengan kertas folio bergaris. Dan jepit kedua ujungnya dengan paper clip.
3. Tulislah dengan menggunakan pena tinta hitam
4. Jangan ada salah sedikitpun dan jangan ada bekas correction ink (Tip Ex). Kalau salah, ulang lagi di  kertas baru.
5. Sebelum memnandatangani tempeli dulu materai Rp 6000 di samping kiri nama Anda di bagian bawah.
6. Tanda tangani surat tersebut. Sebagian tanda tangan harus mengenai materai
7. Lipat surat tersebut dengan lipatan Low Standard fold, Low Accordion fold, atau lipatan apapun yan resmi.
8. Kirim sebelum deadline cap pos yang ditentukan oleh kantor berakhir.
9. Semoga Anda diterima bekerja di kantor pada posisi yang Anda impikan selama ini, amiiin.


CONTOH SURAT LAMARAN KERJA BERDASARKAN IKLAN DI MEDIA

Hal : Lamaran Pekerjaan                                               Pekanbaru, .................


Yth.
Manager Personalia
PT. Randu Arbitra
Jl.Thamrin No. 97
Pekanbaru 28132



Dengan Hormat,
Saya telah membaca iklan yang Bapak/Ibu muat pada Harian Pagi Bahasa Santun tanggal 17 September 2013 yang menyatakan bahwa PT. Randu Arbitra sedang membutuhkan tenaga pengemudi/sopir. Saya sangat tertarik dengan iklan yang Bapak/Ibu muat tersebut. Oleh karena itu, dengan ini saya mengajukan lamaran.
Sebagai bahan pertimbangan berikut saya sampaikan data pribadi saya:

Nama                                :
Tempat tanggal lahir          :
Agama                              :
Alamat                              :
No. yang bisa dihubungi     :
Pendidikan                        :

Selanjutnya pada kesempatan ini saya sampaikan beberapa pengalaman kerja di berbagai bidang sebagai berikut:
1.    
2.    
3.    
Selain itu saya juga memiliki beberapa keahlian yang lain sebagai berikut:
1.    
2.    
3.   mengoperasikan komputer

Besar harapan saya untuk dapat bekerja di hotel yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.



                                                                                                
Lampiran                                                                                      Hormat saya,
1.     F.C. Ijazah Terakhir                                                                     Pelamar
2.     F.C. KTP dan SIM A
3.     Pass Photo 3X4 (2 lbr)
4.     ........................
5.     ........................                                                                  ................




CONTOH SURAT LAMARAN KERJA BERDASARKAN INISIATIF SENDIRI



Hal : Lamaran Pekerjaan                                                                                 Pekanbaru, .................


Yth.
Pimpinan PT. Randu Arbitra
Jl. Thamrin no. 97
Pekanbaru 28132


Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                              :
Tempat tanggal lahir         :
Alamat                            :
No. yang bisa dihubungi  :
Pendidikan                      :

Dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya sertakan juga berkas-berkas dan persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan.
Besar harapan saya untuk dapat bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian yang diberikan saya mengucapkan terimakasih.
               

                                                                                                                             Hormat Saya                                                                                                                                   Pelamar,



                                                                                                                         ...........................
Lampiran            
1. F.C. Ijazah Terakhir         
2. F.C. KTP dan SIM A
3. Pass Photo 3X4 (2 lbr)
4. ........................
5. ........................


Randu Arbitra

Randu Arbitra

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.