Breaking News
recent

CARA MENULIS SURAT RESERVASI BERBAHASA INGGRIS (RESERVATION LETTER)

Alhamdulillahirrobbilalamin... Akhirnya pada hari ini saya kembali berkesempatan membuat postingan baru setelah  sekian lama saya absen menulis dikarenakan aktivitas saya akhir-akhir ini semakin menuntut lebih banya waktu. 

Baiklah sahabat-sahabat yang baik. Kali ini saya ingin berbagi sedikit ilmu tentang cara menulis surat berbahasa Inggris. Tulisan ini saya maksudkan untuk membantuk adik-adik yang masih duduk di SMK jurusan Administrasi perkantoran yang sudah pasti akan membutuhkan panduan untuk menulis surat berbahasa Inggris. 

Untuk tidak memperpanjang mukadimah langsung saja kita masuk pada topik inti tulisan kali ini.

Sepanjang yang saya tahu, surat berbahasa Inggris biasanya pada lembaran suratnya tidak menggunakan nomor surat. Karena, nomor suratnya sudah tertera pada amplop surat. Berbeda dari surat Indonesia yang selalu menerakan nomor, lampiran, dan hal surat pada bagian kiri atas. Surat berbahasa Inggris biasanya hanya menerakan Ref, singkatan dari referensi. 

Contoh penulisan Ref misalnya Ref : RP/Mj  (Referensi : RP (Inisial orang yang menandatangi surat/pimpinan/bos, dan Mj adalah inisial orang yang menulis surat/sekretaris/juru tulis).

Namun, banyak juga guru-guru disekolah yang mengajarkan kepada siswa-siswa mereka tentang cara membuat surat berbahasa Inggris dengan model surat Indonesia. Artinya, mereka tetap menuliskan nomor surat (No. – Ingat, penulisannya tetap No. ya, bukan num apalagi numb. Numb artinya lumpuh, mati rasa, kaku), Lampiran (attachment), dan hal/perihal (subject).

Saya tak ingin berpihak pada salah satu diantara kedua hal itu. Bahkan, saya lebih suka untuk membuat contoh untuk kedua belah pihak itu.
Baiklah, untuk yang pertama saya akan menuliskan surat bahasa Inggris dengan hanya menggunakan Ref pada bagian atasnya. Surat ini saya tulis dalam bentuk Full block Style (Bentuk surat lurus penuh). 

Untuk mengetahui bentuk-bentuk surat di Indonesia silakan klik disini.

Contoh surat 1 dengan hanya menggunakan Ref.

February 4th, 2015
Ref: RP/Mj


Randu Arbitra Hotel
104 Oneta Avenue
Youngstown, OH 474700
Singapore


Subject : Room Reservation

Dear Randu Arbitra Hotel,
Please be informed that I would be visiting to United State of Singapore on March 2 – 7, 2015. And I will requiring a room at your hotel for duration of 3 days.

I would like to reserve Deluxe room that has just 1 bed, please. I checked on your website, and the price is supposed to be S$ 300/night.

Please call me at 021-765-8765 to verify my reservation.
That’s all about our letter. Thank you for your attention.


Your sincerelly,



Reno Paslah
General Manager


Contoh surat 2 dengan model penulisan surat Indonesia. Tetap menggunakan No., Lamp., hal.

February 4th, 2015
No         : 123/TRS/HRD/II/15
Attach   : -
Subject : Room Reservation


Randu Arbitra Hotel
104 Oneta Avenue
Youngstown, OH 474700
Singapore


Dear Randu Arbitra Hotel,
Please be informed that I would be visiting to United State of Singapore on March 2 – 7, 2015. And I will requiring a room at your hotel for duration of 3 days.

I would like to reserve Deluxe room that has just 1 bed, please. I checked on your website, and the price is supposed to be S$ 300/night.

Please call me at 021-765-8765 to verify my reservation.
That’s all about our letter. Thank you for your attention.


Your sincerelly,



Reno Paslah
General Manager

Demikianlah postingan saya kali ini. Mudah-mudah bisa sedikit membantu dan memberikan panduan untuk adik-adik yang masih duduk di SMK atau siapa saja yang membutuhkan informasi tentang penulisan surat reservasi dalam bahasa Inggris. 

Ingat, jangan sampai gagal melakukan kegiatan hanya karena tak mampu membuat hal-hal sepele seperti ini! Good luck, Have a nice day! See yeaa...

Randu Arbitra

Randu Arbitra

3 comments:

  1. Memang luar biasa... kapan-kapan main ke tempat saya ya pak di tutorial.paslah.com

    ReplyDelete
  2. setelah saya membaca blog Anda, tugas sekolah saya jadi terbantu, sekali lagi terima kasih. *SalamLuarBiasa

    ReplyDelete

Powered by Blogger.